Latest News

Nama Latin Kakao, Klasifikasi, dan Manfaatnya

Nama latin kakao adalah Theobroma cacao L. Tanaman kakao adalah tanaman pohon yang berasal dari Negara Pantai Gading, Afrika Selatan. Tanaman ini dibawa oleh para penjajah dari negara tersebut ke Indonesia pada sekitar abad ke 17. Tanaman kakao menjadi salah satu komoditas perkebunan unggulan Indonesia selain karet dan kakao. Tanaman yang juga dikenal dengan nama cokelat atau kopi coklat ini merupakan bahan baku pembuatan karamel cokelat.
Nama latin kakao (Coklat) adalah Theobroma cacao L.

Klasifikasi Tanaman Kakao

Nama Latin Kakao, Klasifikasi, dan Manfaatnya
Berdasarkan sistem klasifikasi mahluk hidup, tanaman kakao yang bernama latin Theobroma cacao L. ini diklasifikasikan sebagai berikut:
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Malvales
Famili: Malvaceae (Sterculiaceae)
Genus: Theobroma
Spesies: T. cacao
Nama Latin : Theobroma cacao L.

Sekilas Tentang Budidaya Tanaman Kakao 

Tanaman kakao banyak dibudidayakan oleh para pekebun tanah air. Beberapa daerah yang menjadi sentra produksi tanaman bernama latin Theobroma cacao L ini antara lain sebagian besar Sulawesi, Sumatera, dan Jawa. Usaha budidaya kakao umumnya dilakukan oleh para petani, kendatipun ada beberapa perkebunan swasta yang saat ini mulai mencoba untuk mengusahakannya.

Tanaman kakao memiliki usia produksi hingga 30 tahun. Bagian tanaman yang dimanfaatkan dari tanaman ini adalah bijinya. Biji kakao adalah bahan baku utama dalam proses pembuatan pasta kakao. Indonesia mengekpor biji kakao hasil produksinya ke beberapa negara yang di antaranya adalah Swiss, Amerika, dan beberapa negara lain di kawasan Eropa Timur.

Di antara tanaman perkebunan lainnya, tanaman kakao merupakan tanaman yang paling membutuhkan perawatan yang ekstra. Banyak hama dan penyakit yang bisa menyerang tanaman ini, apalagi jika ia tidak dibudidayakan sesuai dengan syarat tumbuhnya. Beberapa penyakit dan hama penting pada tanaman kakao misalnya busuk buah, VSD, kanker batang, kepik penghisap buah, penggerek buah, dan penggerek batang.

Hingga kini Indonesia merupakan negara penghasil kakao terbesar ke dua di dunia setelah pantai gading. Kendatipun demikian, mutu biji kakao dalam negeri merupakan yang paling buruk di antara biji kakao hasil produksi negara-negara tetangga. Hal ini terjadi karena perawatan dan pengolahan pasca panen yang diterapkan oleh para pembudidaya tidak dilakukan sebagai mana mestinya.

Nah, demikianlah sekilas informasi tentang nama latin kakao (cokelat) beserta klasifikasi dan gambaran singkat tentang budidaya tanaman kakao di Indonesia. Semoga ini dapat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.

0 Response to "Nama Latin Kakao, Klasifikasi, dan Manfaatnya"