Latest News

Nama Latin Kecoa, Klasifikasi, serta Fakta Uniknya

Nama latin kecoa adalah Blaberidae sp. Kecoa. Hewan kecil yang dikenal dengan nama lokal coro atau lupas ini, siapa yang tak mengenalnya. Banyak orang merasa jijik dan merinding jika serangga berwarna coklat hitam ini bermain dan menghuni rumah kita. Namun, tahukah Anda jika rupanya hewan penghuni WC ini  punya beberapa fakta unik yang tak banyak diketahui orang. Berikut ini kita akan simak beberapa fakta unik kecoa, nama latin, serta klasifikasinya. Selamat membaca!
Nama latin kecoa adalah Blaberidae sp.

Klasifikasi Kecoa dan Nama Latinnya

Nama Latin Kecoa, Klasifikasi, serta Fakta Uniknya
Kecoa termasuk ke dalam kelas insecta dan ordo Blattodea, memiliki sekitar 3.500 spesies yang tersebar hampir di semua belahan bumi, kecuali wilayah kutub. Berikut ini klasifikasi kecoa seperti yang tercantum dalam Wikipedia.
Kerajaan: Animalia
Filum: Arthropoda
Kelas: Insecta
Upakelas: Pterygota
Infrakelas: Neoptera
Superordo: Dictyoptera
Ordo: Blattodea
Famili: Blaberidae
Nama Latin : Blaberidae sp

Fakta Unik tentang Kecoa

Tak pandang perempuan atau lelaki, tua atau muda, semuanya pasti akan tersentak jika bagian tubuhnya tesentuh oleh serangga menjijkan satu ini. Ya, serangga kecoa memang menggelikan dan menjadi perlambang jorok. Namun tahukah Anda jika di Vietnam dan Thailand kecoa identik sebagai bahan baku cemilan yang sarat akan protein. Di sana kecoa biasa diolah menjadi sambal goreng atau kecoa krispi. Protein di dalamnya sangat baik bagi keseimbangan hormon dan pertumbuhan tubuh. Semua orang menyukainya sehingga olahan tesebut akan dengan mudah ditemukan karena dijajakan di pasar-pasar tradisional. Berikut ini beberapa fakta unik lain tentang kecoa yang berhasil kami rangkum. Silakan disimak!

1. Mahluk Purba
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Cambridge, diketahui fakta bahwa kecoa sudah hidup sejak zaman purbakala. Ketika para dinosaurus mati dan punah pada 65 juta tahun lalu, kecoa justru tetap hidup dan bertahan dari serbuan bencana alam yang terjadi kala itu. Beberapa ahli biologi bahkan memperkirakan jika kecoa sudah ada jauh sebelum spesies dinosaurus terbentuk yaitu sekitar 300 juta tahun yang lalu.

2. Memiliki Reaksi Sensorik
Meski kecepatan berlarinya tergolong rendah, yaitu sekitar 5 kilometer per jam, kecoa memiliki kecepatan sensorik yang sangat tinggi. Ia akan mudah bereaksi ketika adanya perubahan kondisi luar tubuh yang drastis. Adapun kemampuan sensorik itu terdapat pada antena yang berada dikepalanya serta pada syaraf di bagian kaki belakangnya.

3. Kemampuan Bertahan Hidup
Kecoa memiliki sistem pertahanan diri yang sangat kuat. Tubuhnya mampu menahan semua perubahan lingkungan yang terjadi, bahkan ketika semua mahluk hidup tak berdaya karena radiasi bom atom Hirosima dan Nagasaki, kecoa justru tidak terpengaruh sedikitpun.

Nah, itulah beberapa informasi seputar fakta unik, klasifikasi serta nama latin kecoa. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda. Salam.

0 Response to "Nama Latin Kecoa, Klasifikasi, serta Fakta Uniknya"