Latest News

Nama Latin Tanaman Kapas, Klasifikasi, dan Manfaatnya

Nama latin tanaman kapas adalah Gossypium sp. Tanaman kapas merupakan komoditas tanaman perkebunan yang cukup banyak dikembangkan di tanah air. Tanaman ini merupakan bahan baku serat yang digunakan dalam industri tekstil. Benang dan kain katun merupakan salah satu produk tekstik yang diproduksi dari buah tanaman semak yang berasal dari daratan lembah Sungai Indus, India ini. Nah berikut ini akan kita bahas seputar nama latin tanaman kapas, klasifikasi, serta fakta unik dibalik tanaman yang banyak dibudidayakan di Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatanm Nusa Tenggara Barat dan Timur serta Pulau Bali ini. Selamat membaca!
Nama latin tanaman kapas adalah Gossypium sp.

Klasifikasi Tanaman Kapas

Nama Latin Tanaman Kapas
Tanaman kapas tergolong ke dalam family Malvaceae dan secara lengkap diklasifikasikan sebagai berikut:
Kingdom: Plantae
Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Monocotiledonae
Ordo : Malvales
Family : Malvaceae
Genus : Gossypium
Nama Latin atau Spesies : Gossypium sp.

Manfaat dan Kegunaan Tanaman Kapas

Tanaman bernama latin Gossypium sp. ini rupanya memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Apa saja manfaatnya?
  1. Sebagai bahan baku pembuatan benang. Benang banyak manfaatnya dalam kehidupan kami sehari hari. Dengan benang, kebutuhan jahit menjahit dapat tercukupi.Bagaimana teknik membikin benang? Kapas yang telah terbentuk seperti buku buku tebal itu diperoses dalam pabrik pemintalan. Dari sini dihasilkan benang dengan bermacam macam tipe ukuran dan warnanya. Pada mesin, segalanya itu tak adalah sebuah kesulitan. Tinggal menekan tombol sesuai dengan yang di kehendaki, terbukti amat praktis.   
  2. Untuk dibuat kain. Benang yang dihasilkan dari pemintalan sidah siap untuk ditenun menjadi kain. Biasanya, sebuh pabrik pemintalan, telah siap dengan bermacam macam mesin pemrosesan. Sejak dari membikin benang, membikin ukuran, memberi warna, hingga menjadi kain yang siap untuk dipasarkan. Untuk mencukupi kebutuhan benang dan sandang dibeberapa tempat berdiri pabrik pabrik pemintalan kapas. Di Kartasura ( Jawa Tengah ), berdirilah pabrik dengan nama : PT Typountrex Indonesia. Di Teras, boyolali ( Jawa Tengah ), berdiri pula PT sari warna asli. Sedangkan, di salatiga ( Jawa Tengah ), bernama : PT Damatex. Tidak hanya itu, di berbagai kota lain tetap banyak. Di Secang, di Banjar, di Jakarta, masing-masing berdiri megah dengan menghasilkan bahan yang sama. Dengan berdirinya pabrik-pabrik ini berarti lumayan banyak diperlukan tenaga kerja. Faktor ini merupakan peran dan pihak swasta dalam usahanya menolong pemerintah mengurangi pengangguran.
  3. Sebagai pembalut luka. Di rumah sakit lumayan banyak diperlukan kapas untuk membalut luka dan keperluan lain. Cobalah berkunjung ke rumah sakit dan tanyakan terhadap pihak gudang, berapa kotak kapas diperlukan setiap hari ? Lumayan besarkan ? Catatlah dalam bukumu.
  4. Untuk memelihara kulit. Ibu rumah tangga lumayan banyak memakai kapas. Kapas dipakai kaum hawa untuk memelihara kulit. Mereka mengoleskan alat alat kecantikan dengan memakai kapas. Makin banyak alat kecantikan yang dipakai, makin bayak kapas yang dibutuhkan.

Nah itulah beberapa manfaat kapas, klasifikasi, serta nama latin dari tanaman yang satu ini. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan. Salam.

0 Response to "Nama Latin Tanaman Kapas, Klasifikasi, dan Manfaatnya"