Latest News

Nama Latin Alang-Alang, Klasifikasi, dan Manfaatnya

Nama latin alang-alang adalah Imperata cylindrica. Alang-alang atau dalam bahasa lain disebut ilalang adalah tumbuhan sejenis rumput yang memiliki daun tajam dan sempit dan sering menjadi gulma di lahan-lahan pertanian. Di Indonesia, rumput alang-alang memiliki nama daerah yang antara lain halalang (Minangkabau), lalang (Melayu), eurih (Sunda), rih (Batak), jih (Gayo), re (Sumbawa), rii (Flores), rie (Tanimbar), eri, weri, weli (Ambon dan Seram), reya (Sulsel), kusu-kusu (Menado, Ternate, dan Tidore), wusu, wutsu (Sumba), nguusu (Halmahera), dan lain-lain, sedangkan dalam bahasa asing, alang-alang disebut bladygrass (Inggris) dan snijgras (Belanda).
Nama latin alang-alang adalah Imperata cylindrica.

Klasifikasi Tanaman Alang-alang

Nama Latin Alang-Alang, Klasifikasi, dan Manfaatnya
Berdasarkan sistem klasifikasi mahluk hidup, rumput dengan nama latin Imperata cylindrica ini diklasifikasikan sebagai berikut:
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Poales
Famili: Poaceae
Genus: Imperata
Spesies: I. cylindrica
Nama binomial: Imperata cylindrica (L.) Beauv.

Manfaat Alang-alang

Alang-alang merupakan salah satu gulma penting yang perlu dikendalikan keberadaannya oleh para petani. Gulma ini sangat merugikan karena selain menimbulkan persaingan dengan tanaman dalam memperoleh unsur hara dan air, ia juga mengeluarkan zat alelopati atau zat racun. Gulma bernama latin alang-alang Imperata cylindrica ini berkembang biak dengan sangat cepat. Ia bisa bertunas melalui rhizoma serta berkembang melalui bijinya. Hal ini membuat perkembangannya sangat cepat dan sangat merugikan bagi dunia pertanian.
Nama Latin Tanaman Karet, Sejarah, dan Kegunaannya
Nama Latin Kelapa Sawit, Klasifikasi, dan Sejarahnya
Nama Latin Alpukat, Klasifikasi, dan Morfologinya
Kendati begitu merugikan, alang-alang dewasa ini diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti dikutip dari situs manfaat.co, alang-alang diketahui mampu berguna sebagai obat herbal bagi beberapa penyakit antara lain
mengobati kencing darah, obat muntah darah, mengobati mimisan, mengatasi sakit ginjal, dan meredakan panas dalam. Untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan gulma rumput ini sebagai obat, Anda bisa berkunjung ke link ini.

Nah, demikianlah pemaparan mengenai nama latin alang-alang, klasifikasi, serta manfaatnya bagi kesehatan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.

0 Response to "Nama Latin Alang-Alang, Klasifikasi, dan Manfaatnya"