Latest News

Nama Latin Bebek, Klasifikasi, dan 10 Fakta Uniknya

Nama latin bebek adalah Merginae sp. Bebek adalah salah satu ternak yang umumnya hidup di daerah berair. Ia menjadi salah satu bagian dari burung aquatik selain pula bangau, angsa, mentok. Dibandingkan kerabatnya dalam keluarga Anatidae, bebek tergolong unggas yang memiliki ukuran paling kecil. Bebek berasal dari daratan China, dan mulai dikembangkan di Indonesia sejak zaman pra penjajahan. Bebek dibawa ke Indonesia awal kali sejak zaman Majapahit dan hingga kini dikembangkan sebagai unggas penghasil daging dan telur. Nah, pada posting kali ini, kita akan membahas tentang nama latin bebek, klasifikasi, serta fakta unik tentang bebek. Mari bersama menyimaknya.
Nama latin bebek adalah Merginae sp.

Klasifikasi Bebek dan Nama Latinnya

Fakta Unik seputar Bebek
Berdasarkan sistem taksonomi hewan, bebek diklasifikasikan ke dalam kelas-kelas sebagai berikut:
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Anseriformes
Famili: Anatidae
Subfamilia:  Dendrocygninae
Oxyurinae
Anatinae
Merginae

Fakta Unik seputar Bebek

Selain dikenal dapat sebagai unggas penghasil telur dan daging, bebek rupanya memiliki fakta-fakta unik yang tidak banyak diketahui banyak orang. Berikut ini 10 fakta unik bebek tersebut yang berhasil kami rangkum dari beberapa sumber pustaka.
  1. Awalnya bebek adalah hewan liar hingga akhirnya beberapa ribu tahun silam unggas ini dipelihara secara massif oleh orang-orang Tiongkok.
  2. Bebek akan terus menjaga kebersihan tubuhnya dengan menjilati kotoran pada bulu-bulu di tubuhnya dengan menggunakan mulutnya sendiri terutama ketika ia usai berenang
  3. Jika tidak ada bahan yang bisa digunakan dalam pembuatan sarang, indukan bebek akan rela mencabuti bulu-bulunya sendiri untuk digunakan sarang.
  4. Bulu bebek memiliki kelenjar minyak khusus sehingga meskipun si bebek berenang dan tenggelam, ia tak akan pernah kebasahan. Lapisan minyak ini juga berguna untuk membuat suhu tubuh bebek tetap hangat meski saat malam hari.
  5. Kaki bebek tak mempunyai sistem saraf dan pembuluh darah. Hal ini menyebabkan ia tak akan pernah merasa kedinginan atau kepanasan ketika ada sesuatu yang bersuhu tinggi atau rendah menempel di bagian kakinya ini.
  6. Cara jalan bebek terlihat sangat lucu. Ia berjalan seperti sambil menggoyang-goyangkan buntutnya karena pengaruh kaki yang memiiliki selaput cukup lebar. Selaput antara jari kakinya ini digunakan sebagai pendayung saat ia tengah berenang.
  7. Penelitian menunjukan bebek memilik 3 kelopak mata, 2 di bagian atas dan satu di bagian bawah.
  8. Fakta tentang bebek selanjutnya adalah ia memiliki suara yang benar-benar asli. Tak ada sedikitpun gema yang ditimbulkan dari tenggorokannya ini ketika bersuara.
  9. Sebagian angsa dan bebek ternyata bisa terbang sejauh 500 kilo meter setiap harinya.
  10. Beberapa bebek memiliki usia hidup selama 14 tahun, namun kebanyakan darinya hanya hidup tak lebih dari 5 tahun.

Nah, demikian beberapa pemaparan seputar nama latin bebek dan klasifikasinya, serta fakta unik bebek yang belum banyak diketahui orang. Jika Anda mengetahui fakta unik bebek lainnya yang belum tercantum di artikel ini, silakan tambahkan di kolom komentar.

0 Response to "Nama Latin Bebek, Klasifikasi, dan 10 Fakta Uniknya"