Latest News

Nama Latin Tanaman Karet, Sejarah, dan Kegunaannya

Nama latin karet adalah Hevea braziliensis Muell. Arg. Tanaman karet adalah tanaman pohon yang berasal dari wilayah Amerika Selatan. Sesuai nama latinnya, tanaman karet diketahui berasal dari Hutan Amazon, Brazil. Tanaman ini merupakan salah satu komoditas ekspor bagi Indonesia. Getah yang disadap dari batangnya merupakan sumber devisa negara terbesar dari produk non migas setelah kelapa sawit.
Nama latin karet adalah Hevea braziliensis Muell. Arg.

Klasifikasi Tanaman Karet

Nama Latin Tanaman Karet, Sejarah, dan Kegunaannya
Berdasarkan sistem klasifikasi mahluk hidup, tanaman karet yang bernama latin Hevea braziliensis ini diklasifikasikan sebagai berikut:
Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Super Divisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Euphorbiales
Famili: Euphorbiaceae
Genus: Hevea
Nama Latin: Hevea brasiliensis Muell. Arg

Sekilas tentang Tanaman Karet

Tanaman karet berbentuk pohon yang diambil hasilnya melalui proses penyadapan. Penyadapan sendiri adalah proses melukai kulit batang karet menggunakan pisau sadap dengan tujuan agar getahnya keluar untuk kemudian diolah menjadi berbagai produk turunan. Penyadapan tanaman karet umumnya dapat dilakukan setelah batang pohon ini sudah cukup besar yaitu sekitar umu 4-6 tahun setelah tanam.

Tanaman karet dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 20 meter.rata-rata ia dapat hidup hingga usia 70 tahun. Akan tetapi ia biasanya akan ditebang dan digantikan dengan tanaman karet baru setelah umur 30 tahun setelah tanam. Hal ini karena pada usia tersebut tanaman dengan nama latin Hevea brasiliensis sudah tidak lagi menguntungkan secara ekonomi karena produksi getahnya sangat rendah.
Nama Latin Anoa, Klasifikasi, dan Fakta Uniknya
Nama Latin Tebu, Klasifikasi, dan Sekitas tentang Budidayanya
Nama Latin Kakao, Klasifikasi, dan Manfaatnya

Budidaya Tanaman Karet di Indonesia

Tanaman karet mulai ada di Indonesia semenjak pemerintahan kolonial Belanda bercokol di negeri ini. Ia dibawa langsung dari Brazil kemudian ditanam di kebun raya bogor sebagai tanaman hias.

Setelah diketahui jika tanaman karet menghasilkan getah yang bisa berguna bagi dunia industri, tanaman yang bernama latin Hevea braziliensis ini kemudian dibudidayakan oleh perusahaan swasta dan perkebunan miliki pemerintah kolonial. Seiring dengan tumbuh pesatnya dunia otomotif dan permesinan, karet menjadi sangat penting sebagai bahan baku dalam menunjang produksi dan kelayakgunaan suatu produk-produk tersebut. Dan hingga saat ini, tanaman karet terus ditanam oleh para pekebun kita.

Getah karet sendiri saat ini berguna sebagai bahan baku pembuatan ban untuk kendaraan-kendaraan bermesin. Indonesia sendiri lebih banyak mengekspor produk karet mentah baik dalam bentuk crumb rubber, ribbed smoke sheet, atau dalam bentuk latex concentrate ke beberapa negara industri seperti Jepang, Amerika Serikat, dan sebagian negara-negara Eropa.

Demikianlah pemaparan mengenai nama latin pohon karet, klasifikasi, serta sejarahnya di Indonesia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya. Salam.

0 Response to "Nama Latin Tanaman Karet, Sejarah, dan Kegunaannya"