Latest News

Nama Latin Alpukat, Klasifikasi, dan Morfologinya

Nama latin alpukat adalah Persea americana. Alpukat adalah salah satu tanaman penghasil buah meja dengan nama buah yang sama. Tumbuhan yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah ini, sekarang banyak dibudidayakan di seluruh dunia. Buahnya yang legit dan kaya akan asam folat sangat baik bagi ibu hamil yang menginginkan janin cerdas sejak dalam kandungan. Tanaman buah tropis ini di Indonesia mulai masuk sejak tahun 1877 dibawa oleh Belanda dan pertama kali ditanam di Kebun Raya Bogor.
Nama latin alpukat adalah Persea americana.
Nama alpukat atau dalam bahasa Inggris disebut avocado sebenarnya berasal dari bahasa Aztek, ahuacatl yang berarti pahit. Suku Aztek yang hidup di daerah Amerika Tengah dan Meksiko memang tidak begitu menyukai buah ini. Ia menganggap buah alpukat berasa pahit dan tidak cocok untuk lidah mereka.

Klasifikasi Tanaman Alpukat

Nama latin alpukat adalah Persea americana.
Berdasarkan sistem klasifikasi mahluk hidup, tanaman alpukat yang bernama latin Persea americana ini diklasifikasikan sebagai berikut:
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnolipilihanda
Ordo: Laurales
Famili: Lauraceae
Genus: Persea
Spesies: P. americana
Nama binomial: Persea americana

Morfologi Tanaman Alpukat

Untuk mengenali tanaman bernama latin Persea americana ini, Anda dapat memperhatikan ciri fisik atau morfologi bagian-bagian tanamannya seperti dikutip dari Wikipedia berikut ini:

Pohon alpukat bisa tumbuh hingga mencapai 20 m dengan daun sepanjang 12 sampai 25 cm. Bunganya berwarna hijau kekuningan dengan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Sedangkan ukuran buahnya bervariasi dari diameter 7 hingga 20 sentimeter, dengan biji 5 hingga 6,4 sentimeter. Buah alpukat adalah buah bertipe buni yang memiliki kulit lembut tak rata dengan berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada jenis dan varietasnya. Daging buah alpukat bertekstur lembut, berwarna hijau muda dekat kulit serta kuning muda dekat dengan biji.
Nama Latin Kakao, Klasifikasi, dan Manfaatnya
Nama Latin Tanaman Karet, Sejarah, dan Kegunaannya
Nama Latin Kelapa Sawit, Klasifikasi, dan Sejarahnya

Kegunaaan Tanaman Alpukat

Alpukat memiliki banyak fungsi. Bijinya digunakan dalam industri pakaian sebagai pewarna yang tak mudah luntur. Batang pohonnya dapat digunakan sebagai bahan bakar. Kulit pohonnya digunakan sebagai pewarna warna cokelat pada produk dari bahan kulit. Daging buahnya dapat dijadikan hidangan serta menjadi bahan dasar untuk berbagai produk kosmetik serta kecantikan. Tak hanya itu, daging buah alpukat juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan serta melembabkan kulit yang kering. Daun alpukat digunakan untuk mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, sakit saraf, nyeri lambung, saluran napas yang membengkak serta mengobati menstruasi yang tak teratur. Bijinya juga dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi serta kencing manis.

Nah itu lah informasi seputar nama latin alpukat beserta morfologi, klasifikasi, dan manfaatnya. Semoga informasi ini dapat berguna bagi Anda semuanya.

0 Response to "Nama Latin Alpukat, Klasifikasi, dan Morfologinya"