Latest News

Nama Latin Kelapa Sawit, Klasifikasi, dan Sejarahnya

Nama latin kelapa sawit adalah Elais guinensiss Jacq. Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas perkebunan yang banyak dibudidayakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tanaman yang tergolong ke dalam family palmae ini menjadi tanaman penghasil minyak kelapa sawit. Minyak kelapa sawit sendiri merupakan salah satu sumber minyak nabati di dunia.
Nama latin kelapa sawit adalah Elais guinensiss Jacq.

Klasifikasi Tanaman Kelapa Sawit

Nama Latin Kelapa Sawit, Klasifikasi, dan Sejarahnya
Berdasarkan sistem klasifikasi mahluk hidup, tanaman kelapa sawit yang bernama latin Elais guinensiss Jacq ini diklasifikasikan sebagai berikut:
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Arecales
Famili: Arecaceae
Genus: Elaeis
Nama Latin: Elaeis guineensis Jacq.

Sejarah Kelapa Sawit Indonesia

Tanaman kelapa sawit sebetulnya berasal dari negara Afrika Selatan. Mulai masuk ke Indonesia sejak pemerintahan kolonial belanda tahun 1878. Di tanam pertama kali di Kebun Raya Bogor sebagai pelengkap koleksi tanaman palma yang jumlahnya sangat kurang pada saat itu.

Kegunaan Minyak Kelapa Sawit

Seiring perkembangan waktu, tanaman kelapa sawit saat ini dibudidayakan secara intensif sebagai salah satu komoditas tanaman yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Tanaman bernama latin ini kemudian menyebar ke seluruh penjuru tanah air untuk dikembangkan di perkebunan-perkebunan swasta pada masa itu.
Nama Latin Tebu, Klasifikasi, dan Sekitas tentang Budidayanya
Nama Latin Kakao, Klasifikasi, dan Manfaatnya
Nama Latin Tanaman Karet, Sejarah, dan Kegunaannya
Saat ini tanaman kelapa sawit merupakan komoditas penting dalam ekonomi nasional. Permintaan minyak nabati nasional yang jumlahnya terus meningkat sepanjang tahun membuat banyak investasi asing bercokol untuk membangun perkebunan-perkebunan kelapa sawit baru di Indonesia.

Minyak dari tanaman bernama latin Elais guinnensiss Jack ini sebetulnya terbagi menjad 2 jenis yaitu CPO dan PKO. CPO atau crude palm oil adalah minyak yang diperoleh melalui proses perebusan dan pemerasan serabut buah tanaman yang bernama latin Elais guinensis Jacq itu. Sedangkan PKO atau palm kernel oil diperoleh dengan mencacah dan memeras inti biji yang ada di dalam cangkangnya.

Baik CPO maupun PKO keduanya adalah minyak yang memiliki banyak sekali kegunaan. Selain menjadi minyak goreng, CPO berguna sebagai bahan pembuat sabun, mentega, lotion, pelembab, pelumas, dan bahan bakar nabati yang terbarukan. Sedangkan PKO berguna sebagai bahan utama pembuatan parfum dan produk kosmetik lainnya.

Demikianlah sekilas pembahasan tentang nama latin kelapa sawit, klasifikasi, dan manfaatnya. Semoga dapat sedikit membantu Anda dan bisa menjadi referensi bagi Anda yang membutuhkan.

0 Response to "Nama Latin Kelapa Sawit, Klasifikasi, dan Sejarahnya"