Latest News

Nama Latin Bintang Laut, Klasifikasi, Dan 9 Fakta Uniknya

Nama latin bintang laut adalah Notomyotida sp. Bintang laut adalah salah satu hewan laut yang cukup akrab di telinga kita. Hewan invertebrata yang hidup di dasar laut ini digambarkan dalam tokoh Patrick di serial kartun Sponge Bob. Keunikan tubuhnya yang secara matematis tergolong memiliki simetri radial ini memiliki kulit yang sangat keras. Ia bergerak dengan tabung yang ada di setiap kaki-kakinya. Berikut akan kita simak nama latin bintang laut, klasifikasi, serta beberapa fakta unik bintang laut yang jarang diketahui banyak orang.
Nama latin bintang laut adalah Notomyotida sp.

Klasifikasi Bintang Laut

Nama Latin Bintang Laut
Klasifikasi bintang laut secara umum dapat dijelaskan sebagai berikut:
Kerajaan: Animalia
Filum: Echinodermata
Kelas: Asteroidea
Ordo: Lower classifications: Brisingida, Velatida, Spinulosida, Forcipulatida, Paxillosida, Valvatida, Notomyotida.
Nama Latin: Notomyotida sp.

Fakta Unik Bintang Laut

Banyak fakta unik dari hewan satu ini yang belum banyak diketahui orang. Nah, berikut ini kami telah merangkum 9 fakta unik bintang laut yang berhasil kami rangkum.

1. Bintang Laut Bukanlah Ikan
Meski dalam istilah bahasa Inggiris bintang laut dipanggil dengan sebutan starfish, namun bukan berarti ia berasal dari golongan ikan. Ia tidaklah memiliki sisik, insang, serta sirip seperti halnya ikan pada umumnya. Selain itu, cara berjalan mereka juga sangat-sangat berbeda dengan ikan. Jika ikan mendorong tubuh menggunakan ekornya, bintang laut justru menggunakan tabung yang ada di setiap ujung tubuhnya untuk dapat bergerak.

2. Bintang Laut Tergolong Filum Echinodermata

Bintang laut termasuk ke dalam filum Echinodermata, sehingga ia masih berkerabat dekat dengan bulu babi, teripang, dan dollar pasir. Adapun semua hewan dalam filum ini memiliki keunikan yang jarang diketahui orang. Tubuh mereka tumbuh dengan sistem simetri radial lima titik. Ini berarti, jika manusia memiliki 1 simetri saja, tubuh filum Echinodermata jika dilipat akan memiliki 5 buah simetri.

3. Tidak semua bintang laut memiliki 5 lengan
Fakta unik selanjutnya tentang bintang laut adalah bahwa tidak semua bintang laut memiliki 5 lengan saja. Ada pula spesies bintang laut yang tubuhnya dilengkapi dengan 40 lengan yang membentuk 5 simetri.

4. Bintang laut dapat meregenerasikan (menumbuhkan) lengannya yang putus
Sama halnya seperti cicak, jika bintang laut terancam oleh keberadaan predator, ia akan memutuskan salah satu lengannya sebelum lari dan kabur. Lengan ini akan tumbuh kembali dengan sendirinya dalam waktu 1 tahun akibat kemampuan meregenerasi tubuh yang dimiliki oleh hewan yang bernama latin Asteroidea ini.
 
5. Bintang laut yang dilindungi oleh kulit besi
Kulit bintang laut biasanya sangat kasar akibat adanya duri yang melengkapinya. Kulit ini sangat kuat dan sering disebut kulit besi. Kandungan kalsium karbonat pada permukaan tubuhnya menjadi pelindung diri dari berbagai predator yang antara lain burung, berang-berang, dan ikan ikan besar.

6. Bintang Laut Tidak Memiliki Darah

Sistem sirkulasi dalam tubuh bintang laut tidaklah dibantu oleh adanya darah yang mengalir di jaringan pembuluhnya. Adapun fungsi darah digantikan oleh sistem vaskular air yang memompa air laut lewat madreporite (pelat saringan) yang ada di kelima kakinya.

7. Bintang Laut Bergerak Menggunakan Kaki Tabung
Bintang laut bergerak dengan ratusan kaki tabung yang dimilikinya. Kaki tabung ini terletak di bawah tubuh mereka. Adapun mereka rupanya bisa bergerak lebih cepat dari yang kita bayangkan. Kecepatan berjalan bintang laut yang paling cepat yang pernah ditemukan adalah sekitar 2 meter per menit. Cukup cepat untuk mengejar mangsanya yang berjalan sangat lambar seperti kerang dan remis.

8. Bintang Laut Makan Dengan Mengeluarkan Perut Mereka

Bintang laut punya cara unik untuk bertahan hidup. Mereka makan dengan mulut yang juga berfungsi pula sebagai anus. Mulutnya ini terletak di bagian bawah tubuhnya. Mulut ini memakan kerang, remis, keong, dan ikan-ikan kecil, dan mengeluarkan zat sisa dari mulut ini juga.
 
9. Bintang Laut Memiliki Mata
Meski bintang laut tak dapat melihat seperti kita, mereka rupanya memiliki mata pada setiap ujung kakinya. Mata ini tergolong sangat sederhana, tampak seperti titik merah, dan tidak dapat digunakan untuk melihat dengan detail. Mata ini hanya bisa membedakan terang dan gelap saja.

Nah, demikianlah pemaparan mengenai nama latin bintang laut, klasifikasi, serta fakta uniknya. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.

0 Response to "Nama Latin Bintang Laut, Klasifikasi, Dan 9 Fakta Uniknya"