Latest News

Nama Latin Akasia, Klasifikasi, dan Manfaatnya

Nama latin akasia adalah Acacia denticulosa. Tanaman akasia adalah tanaman kayu-kayuan yang termasuk ke dalam family Fabaceae dan genus Acacia. Tanaman ini sebetulnya berasal dari Amerika bagian utara, kendati pun nama Akasia sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu ‘akis’ yang berarti duri. Dalam bahasa Inggris akasia dinamai denga sebutan whistling thorns, Wattles, yellow-fever acacia, atau umbrella acacias tergantung dari spesiesnya, yang cukup banyak spesies yaitu sekitar 1.300 an.
Nama latin akasia adalah Acacia denticulosa.

Klasifikasi Tanaman Adenium

Nama latin akasia adalah Acacia denticulosa.
Berdasarkan sistem klasifikasi mahluk hidup, bunga dengan nama latin Acacia denticulosa ini diklasifikasikan sebagai berikut:
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae
Upafamili: Mimosoideae
Bangsa: Acacieae
Genus: Acacia

Manfaat Tanaman Akasia

Dulunya tanaman akasia hanya digunakan sebagai salah satu tanaman peneduh di tepi-tepi jalan. Ia  juga merupakan tanaman penahan banjir di lereng-lereng sungai yang tandus, mengingat tanaman ini memang terbukti bisa tumbuh dengan subur sekalipun ditanam di tanah marginal. Kendati demikian, tanaman dengan nama latin Akasia denticulosa ini tergolong tanaman yang rapuh, sebab cabangnya sangat mudah patah meski hanya tersapu oleh angin yang tidak terlalu kencang.
Nama Latin Kelapa Sawit, Klasifikasi, dan Sejarahnya
Nama Latin Alpukat, Klasifikasi, dan Morfologinya
Nama Latin Alang-Alang, Klasifikasi, dan Manfaatnya
Seiring berjalannya waktu, tanaman akasia kemudian dimanfaatkan untuk keperluan-keperluan lain. Ia dimanfaatkan sebagai tanaman hias karena bunganya yang berwarna kuning cukup indah jika tengah mekar bersamaan. Selain itu, akasia juga dimanfaatkan untuk industri parfum. Wanginya yang khas dimanfaatkan sebagai ekstrak alamiah untuk pembuatan parfum-parfum yang berharga mahal.

Bagi dunia kesehatan, tanaman dengan nama latin akasia ini digunakan untuk  menanggulangi problem ejakulasi dini yang umum diderita para pria. Tidak hanya itu, akar akasia juga sering diolah menjadi obat penyakit rabies. Adapun zat tanin yang dikandungnya bisa dipakai sebagai astringent dengan melewati proses penguapan kayu akasia. Lebih jauh, tanaman ini nyatanya juga bisa berguna untuk menstabilkan kadar gula darah dengan tutorial merebus serta meminumnya dengan cara teratur.

0 Response to "Nama Latin Akasia, Klasifikasi, dan Manfaatnya"