Latest News

Nama Latin Ikan Lele, Klasifikasi, dan Fakta Uniknya

Nama latin ikan lele adalah Clarias sp. Ikan lele adalah salah satu jenis ikan air tawar yang dibudidayakan secara masif sebagai ikan konsumsi di Indonesia dewasa ini. Ikan lele sangat mudah dikenali karena ciri-ciri fisik yang dimilikinya sangat khas sekali. Ikan yang berasal dari negara Afrika Selatan ini mulai masuk ke Indonesia mulai tahun 1984. Saat ini perkembangannya sangat luar biasa dan menyebar hampir ke seluruh wilaya Indonesia. Nah berikut ini akan kita bahas seputar nama latin ikan lele, klasifikasi, serta fakta unik dibalik ikan berkumis yang satu ini.
Nama latin ikan lele adalah Clarias sp.

Klasifikasi Ikan Lele

Nama Latin Ikan Lele
Berdasarkan sistem klasifikasi mahluk hidup, ikan bernama latin Clarias sp. ini digolongkan ke kelas-kelas sebagai berikut:
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Siluriformes
Famili: Clariidae
Genus: Clarias
Nama latin: Clarias sp.

Fakta Unik tentang Ikan Lele

Selain dikenal sebagai salah satu makanan sumber protein yang tinggi, rupanya ada beberapa fakta unik dari ikan yang satu ini yang mungkin tidak semua orang mengetahuinya. Ya, sedikitnya kami telah berhasil menghimpun 6 fakta unik seputar ikan lele seperti disajikan berikut ini:
  1. Ikan lele selain dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi, dibeberapa negara seperti Irak, Iran, dan sekitar Timur Tengah ia juga dimanfaatkan sebagai salah satu varian ikan hias. Tekstur kulitnya yang halus serta kumisnya yang panjang membuat ikan yang dalam bahasa Inggris dinama Catfish ini adalah keunikan tersendiri bagi beberapa masyarakat.
  2. Patil lele mengandung racun yang dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan (inflamasi) pada jaringan otot seseorang yang dilukainya. Racun yang ada dalam patil lele bisa menyebabkan gangguan pada sistem hormonal sehingga serangannya dapat membuat kelainan pada organ dalam tubuh.
  3. Lele mengandung protein dan lemak yang baik bagi tubuh, terutama bagi ibu hamil, daging ikan lele sangat baik bagi pertumbuhan otak janin yang ada di dalam kandungan. Jika ingin janin cerdas sejak dalam kandungan, konsumsilah ikan lele secara teratur.
  4. Ikan lele merupakan musuh alami bagi berbagai jenis hama pada tanaman padi. Para petani di beberapa daerah di Indonesia menanam bibit lele di sawahnya di awal musim tanam untuk mengendalikan hama-hama seperti kupu-kupu walang sangit,  serta wereng, selain juga untuk memperoleh hasil samping dari kegiatan bercocok tanam yang dilakukannya.
  5. Ikan lele juga dapat dijadikan sebagai bahan obat alami bagi beberapa penyakit seperti asma, terlambat datang bulan, mimisan, dan kecing darah.

Demikianlah sekilas informasi tentang nama latin ikan lele, klasifikasi, dan fakta unik dari ikan berkumis ini. semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya.

0 Response to "Nama Latin Ikan Lele, Klasifikasi, dan Fakta Uniknya"