Latest News

Nama Latin Ikan Mas, Klasifikasi, dan Fakta Uniknya

Nama latin ikan mas adalah Cyprinus carpio. Ikan mas adalah salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan sudah dibudidayakan secara luas di Indonesia. Ikan mas berasal dari negara-negara Asia Timur (Cina) dan mulai masuk ke Indonesia pada sekitar tahun 1920an.  Rasanya yang nikmat, (bahkan beberapa orang menganggap ikan ini adalah ikan air tawar dengan rasa paling enak) membuatnya menjadi ikan yang paling banyak dicari sebagai ikan konsumsi, meskipun beberapa jenis lainnya digunakan sebagai ikan hias. Nah, berikut kita akan membahas seputar nama latin serta klasifikasi dari ikan yang satu ini berikut fakta unik yang dimilikinya. Silakan disimak.
Nama latin ikan mas adalah Cyprinus carpio.

Klasifikasi Ikan Mas

nama latin ikan mas
Berdasarkan sistem klasifikasi mahluk hidup, ikan bernama latin Cyprinus carpio ini digolongkan ke kelas-kelas sebagai berikut:
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Cypriniformes
Famili: Cyprinidae
Genus: Cyprinus
Spesies: C. carpio
Nama Latin: Cyprinus carpio

Fakta Unik Ikan Mas

Selain memiliki rasa yang nikmat dan harga jual yang tinggi, ternyata ada beberapa fakta menarik yang tersimpan dari ikan bernama latin Cyprinus carpio ini. Beberapa fakta unit ikan mas tersebut antara lain sebagai berikut:
  1. Pencernaan ikan mas tergolong sangat sederhana sehingga ia kesulitan jika harus mencerna protein dan lemak yang terkandung di makanannya.
  2. Seperti halnya bunglon, ikan mas jenis koki dapat merubah warna sisiknya sesuai dengan warna tempat dimana ia disimpan
  3. Ikan bernama latin Cyprinus carpio ini mampu memproduksi pigmen bila terkena cahaya. Saat ikan ini diletakan di tempat yang terang saat malam hari, ia akan tampak lebih cerah saat pagi hari. sedangkan jika ia diletakan ditempat gelap, pagi harinya, ia akan terlihat kusam dan kehilangan warnanya.
  4. Ikan mas koki mampu tumbuh maksimal sepanjang 58,42 cm dan bobot 4,5 kg.
  5. Ikan mas terpanjang yang pernah diketahui adalah yang berasal dari Belanda dengan panjang tubuh hingga 47,7 cm dari moncong sampai ekor.
  6. Ikan mas liar mampu bertahan hidup hingga usia 20 tahun tapi ikan mas peliharaan hanya hidup selama 6 sampai 8 tahun.
  7. Ikan mas tertua ditemukan di China dengan umur 49 tahun.
  8. Ikan mas mampu bertahan hidup di dalam kolam yang permukaannya membeku selama masih ada cukup oksigen dan airnya tak mengeras sepenuhnya.
  9. Di Italia, ada hukum yang melarang ikan mas digunakan sebagai hadiah festival atau karnaval.
  10. Di Roma, memelihara ikan mas di dalam toples dapat dikenakan denda dan pidana.

Nah, itulah informasi seputar nama latin ikan mas, klasifikasi, dan fakta uniknya, semoga dapat bermanfaat. Dan jangan lupa bagikan tulisan ini ke teman Anda melalui tombol di bawah ini.

0 Response to "Nama Latin Ikan Mas, Klasifikasi, dan Fakta Uniknya"