Latest News

Nama Latin Nyamuk, Klasifikasi, dan Fakta Uniknya

Nama Latin nyamuk adalah Aides sp. Nyamuk merupakan salah satu hewan yang termasuk kedalam kelas insecta (serangga). Ukurannya kecil dengan sayap di kedua sisi tubuhnya membuat ia dengan mudah terbang hilir mudik kesana ke mari. Kami yakin tentu Anda pernah merakasan gigitannya, bukan? Ya, nyamuk memang dilengkapi dengan mulut yang bertipe penusuk penghisap. Nah, pada posting kali ini kita akan mengupas informasi mengenai fakta unik, klasifikasi, serta nama latin nyamuk secara lengkap beserta misteri tersembunyi di balik perilaku gigitannya. Mari menyimak!
Nama Latin nyamuk adalah Aides sp.

Klasifikasi Nyamuk

Nama Latin: Aides sp. Nyamuk
Berdasarkan sistem taksonomi mahluk hidup, nyamuk memiliki nama latin yang cukup beraneka ragam. Banyaknya spesies merupakan penyebab utama hal ini. Namun secara umum berikut ini klasifikasi nyamuk seperti kami kutip dari Wikipedia:
Kerajaan: Animalia
Filum: Arthropoda
Kelas: Insecta
Ordo: Diptera
Famili: Culicidae
Nama Latin: Aides sp.

Fakta Unik Nyamuk

Selain dikenal sebagai pengganggu malam indah Anda, hewan yang dalam bahasa Inggris disebut dengan nama ‘Mosquito’ ini rupanya memiliki keajaiban yang tak banyak diketahui oleh banyak orang. Keajaiban ini bahkan membuat nyamuk menjadi salah satu hewan yang sempat disebutkan di dalam kitab suci Agama Islam, Al-Qur’an. Apa saja fakta unik nyamuk itu? Berikut ini pembahasannya!

“Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik, (Al Baqoroh:26)”

  1. Nyamuk punya sebanyak 100 mata di kepalanya.
  2. Jika manusia memiliki gigi sebanyak 32, nyamuk memiliki 48 gigi yang tersusun rapi di dalam mulutnya.
  3. Nyamuk punya 3 buah jantung, yang ketiganya bisa bekerja bersama-sama dan saling menggantikan.
  4. Nyamuk punya 6 buah pisau di jarum penghisap mulutnya. Masing-masing pisau ini dilengkapi dengan fungsi yang berbeda-berbeda.
  5. Nyamuk punya 3 pasang sayap dipunggungnya.
  6. Nyamuk punya penglihatan yang dapat mendeteksi panas tubuh. Inilah yang menyebabkan ia dapat mendeteksi keberadaan manusia meski dalam kegelapan yang pekat sekalipun.
  7. Ketika menusuk dan menghisap darah manusia, mulut nyamuk mengeluarkan bius khusus. Zat bius ini lah yang membuat kita sering tidak menyadari gigitannya karena tak merasakan sesuatu apapun.
  8. Darah yang dihisap nyamuk dari mangsanya akan langsung tertampung di dalam perut nyamuk yang berkulit tipis. Darah tersebut melewati organ semacam slang yang membuatnya mengalir tanpa hambatan apapun.
  9. Di punggung nyamuk terdapat ribuan serangga mikroskopis yang hidup menumpang. Serangga-serangga tersebut berukuran sangat kecil, sehingga untuk melihatnya kita butuh alah pembesar minimal berupa mikroskop elektron.

Demikianlah informasi mengenai nama latin nyamuk, klasifikasi, serta nama latin nyamuk. Semoga informasi ini bisa berguna dan membantu Anda. Amin.

0 Response to "Nama Latin Nyamuk, Klasifikasi, dan Fakta Uniknya"