Latest News

Nama Latin Kambing, Klasifikasi, Dan Fakta Uniknya

Nama latin kambing adalah Capra aegagrus. Kambing. Hewan memamah biak yang sudah dibudidayakan sejak 9.000 tahun silam ini tentu telah akrab dalam kehidupan kita. Berbagai kuliner sepeti sate, gulai, dan dendeng yang menjadi kuliner khas Indonesia menggunakan dagingnya sebagai bahan baku. Adapun hewan yang berasal dari daratan Afrika ini seperti diketahui sangat menyukai savana yang penuh rumput hijau sebagai tempat hidupnya. Nah, pada posting kali ini kita akan bahas seputar fakta unik, klasifikasi, serta nama latin kambing yang berhasil kami rangkum dari beberapa sumber. Mari membaca!
Nama latin kambing adalah Capra aegagrus.

Klasifikasi Kambing dan Nama Latinnya

Nama Latin Kambing, Klasifikasi, Dan Fakta Uniknya
Berdasarkan nomenclatur dan tata penamaan mahluk hidup, kambing tergolong ke dalam kelas mamalia dan keluarga Bovidae. Adapun secara lengkap klasifikasi dan nama latin kambing tersebut ditunjukan pada tabel berikut:
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Artiodactyla
Famili: Bovidae
Upafamili: Caprinae
Genus: Capra
Spesies: C. aegagrus
Upaspesies: C. a. hircus
Nama Latin: Capra aegagrus hircus

Fakta Unik Kambing

Meski sudah dibudidayakan manusia sejak 9000 tahun silam dan sudah begitu akrab dengan kehidupan kita, namun ternyata tak sedikit orang yang mengetahui fakta tersembunyi dibalik hewan piaraan Rosululloh satu ini. Nah, berikut beberapa fakta unik kambing yang berhasil kami rangkum. Silakan simak!
  1. Di antara hewan-hewan peliharaan lainnya, kambing tergolong hewan yang paling menyukai kebersihan. Ia akan memilih makanan yang benar-benar bersih dan akan menolak jika diberi makanan kotor.
  2. Kambing memakan berbagai jenis rumput dan tumbuhan, akan tetapi ia tidak menyukai makanan yang sudah terkontaminasi dan telah diletakkan di tanah atau lantai.
  3. Penemuan kopi diinspirasi oleh para kambing  yang setelah memamah biji kopi, mereka terlihat begitu energik. Perilaku kambing ini kemudian diikuti oleh para penggembala dan kopi menjadi populer sejak saat itu.
  4. Berdasarkan riset dan penemuan, para ahli sejarah berpendapat bahwa kambing adalah hewan pertama yang dipelihara oleh manusia.
  5. Sebelum sistem pembayaran dengan uang ditemukan, orang-orang timur tengah menggunakan kambing sebagai alat tukar yang syah pada masa silam.
  6. Gambar kambing tertua yang pernah ada berada di dinding sebuah goa yang terletak di Eropa Timur (Turki). Gambar ini diperkirakan berusia lebih dari 12.000 tahun.
  7. Columbus membawa kambing ke benua Amerika pada awal kali kedatangannya, yakni pada sekitar tahun 1943.
  8. Fir’aun Cephrenes –seorang raja mesir tempo dulu- sangat mencintai kambing-kambingnya. Ia menganggap kambing-kambingnya itu begitu berarti dalam hidupnya. Sebelum mati, ia bahkan berwasiat untuk bisa dikuburkan bersama dengan 2.234 kambing-kambingnya.

Nah, itulah beberapa fakta unik seputar kambing, klasifikasi, serta nama latinnya. Semoga informasi ini dapat berguna bagi Anda sebagai bahan referensi dalam penulisan. Terimakasih.

0 Response to "Nama Latin Kambing, Klasifikasi, Dan Fakta Uniknya"