Latest News

Nama Latin Kuda, Klasifikasi, Dan Fakta Uniknya

Nama latin kuda adalah Equus caballus L. Kuda. Hewan yang satu ini tentu sudah akrab di telinga kita. Kegunaannya sebagai mesin penggerak / penarik berbagai jenis kereta kayu masa silam membuat tenaganya dijadikan satuan Daya ini menjadi peliharaan yang paling dikenal, selain pula sapi dan kambing. Binatang bernama latin Equus caballus atau Equus ferus caballus ini merupakan salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Genus yang akan dibahas secara detail pada artikel kali ini. Nah, berikut kita akan simak pembahasannya serta beberapa fakta unik, klasifikasi, dan nama latin hewan tersebut. Ayo simak!
Nama latin kuda adalah Equus caballus L.

Klasifikasi Kuda dan Nama Latinnya

Nama Latin Kuda
Berdasarkan sistem klasifikasi dan penamaan mahluk hidup (nomenclature) hewan yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan sebutan jaran ini memiliki nama latin berdasarkan pada klasifikasi berikut:
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Perissodactyla
Famili: Equidae
Genus: Equus
Spesies: E. caballus
Nama latin: Equus caballus L.

Fakta Unik Kuda

Meski sering kali hanya dikenal sebagai hewan penarik kereta, kuda rupanya memiliki beberapa fakta unik yang sangat jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Adapun beberapa fakta unik kuda yang berhasil kami rangkum dari beberapa sumber ini antara lain:

1. Dapat Tidur dengan Berdiri
Fakta Unik Kuda yang satu ini tentu sudah umum diketahui oleh kebanyakan kita. namun, pernahkah Anda berpikir mengapa ia bisa tidur dengan posisi berdiri? Apakah yang menyebabkan ia tidak jatuh ketika tidur dengan posisi itu? Fakta ilmiah menunjukan jika kaki kuda dilengkapi dengan sistem pengunci pada lututnya. Sistem pengunci ini dapat diaktifkan secara otomatis ketika ia tidur. Sistem pengunci ini juga digunakan ketika ia menahan beban yang berat. Tidak ada hewan lain yang memiliki sistem serupa. Hanya kuda yang dikaruniai oleh sistem semacam ini.

2. Kecepatan Berlari yang Luar Biasa
Postur dan sistem pergerakan kaki kuda dirancang khusus sebagai penopan kemampuan larinya yang luar biasa. Kuda tak dilengkapi dengan tulang selangka sehingga mekanisme pergerakannya memungkinkan ia dapat melangkah dengan sangat lebar. Mekanisme pergerakan kaki kuda ini nyaris mirip dengan porsneling gigi mobil. Adapun teknologi tersebut memanglah mengadopsi sistem pergerakan kaki kuda yang sudah pernah diteliti sebelumnya. Akan tetapi, kesempurnaan sistem pergerakan kakinya ini tak dilengkapi dengan kekuatan otot di bagian kaki, serta sistem pernapasan yang mutakhir. Hal ini menyebabkan kecepatan larinya hanya terjadi di awal saja. Untuk lari jarak jauh, kuda kalah oleh Ceetah dari sisi kecepatannya.

3. Tidak Dapat Melihat Benda yang Ada di Depannya
Fakta unik kuda selanjutnya terletak pada sistem penglihatannya. Kuda adalah hewan yang memiliki jangkauan pandang yang sangat luas. Matanya berukuran sangat besar, dan menjadi yang paling besar dibanding mamalia darat lainnya. Dengan letak matanya yang ada di samping kiri dan kanan itu, kuda dapat menjangkau sekitar 350 derajat dari keseluruhan sudut jangkauan pandangnya. 10 derajat sisanya terletak di bagian depan dan belakang badannya. Oleh karena itu, kuda tak akan mampu melihat sesuatu apapun yang berada tepat di depan atau di belakang tubuhnya.

4. Buta Warna
Dengan ukuran matanya yang besar, kuda mampu melihat semua benda dengan warna yang sangat jelas. Akan tetapi mata kuda tidak dilengkapi dengan lensa yang dapat membedakan warna merah dan hitam. Warna merah bagi kuda adalah warna hitam.

5. Setia Sejak Zaman Perunggu
Berdasarkan bukti sejarah berupa lukisan tangan di dinding goa Arkmenistan, kuda diketahui sudah digembalakan 430 ribu tahun silam. Dengan bukti itu, dapat diambil kesimpulan bahwa penggembalaan kuda sudah terjadi semenjak zaman perunggu. Zaman dimana orang-orang purba masih belum mengenal tulisan.

Demikianlah informasi seputar nama latin dan klasifikasi kuda, beserta fakta unik seputar hewan satu ini. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan dapat menghibur hati yang tengah gulana. Salam.

0 Response to "Nama Latin Kuda, Klasifikasi, Dan Fakta Uniknya"