Latest News

Nama Latin Anoa, Klasifikasi, dan Fakta Uniknya

Nama latin anoa adalah Bubalus depressicornis. Anoa  merupakan fauna khas Sulawesi . Fauna ini terbukti tak jarang disebut kerbaunya Sulawesi. Kulitnya cokelat kehitam-hitaman semacam kerbau. Tempat hidup Anoa berpindah-pindah. Serta jiika ia berjumpa dengan musuhnya, anoa bakal mempertahankan diri dengan cara menceburkan diri ke dalam rawa-rawa. Namun, jika terpaksa ia akan melawan memakai tanduknya yang tajam. Semenjak tahun 1960-an, Anoa ada dalam status "terancam punah". Diperkirakan sekarang hanya ada tak lebih dari 5 ribu ekor yang tetap hidup. Anoa sering kali diburu untuk diambil kulitnya, tanduknya, serta dagingnya. Oleh sebab itu, Anoa menjadi salah satu satwa yang dilindungi oleh Pemerintah melalui Undang-undang.
Nama latin anoa adalah Bubalus depressicornis.

Klasifikasi Anoa

Nama Latin Anoa, Klasifikasi, dan Fakta Uniknya
Berdasarkan sistem klasifikasi mahluk hidup, Anoa atau hewan yang bernama latin Bubalus . depressicornis ini diklasifikasikan sebagai berikut:
Kerajaan:  Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Ordo: Artiodactyla
Famili: Bovidae
Upafamili: Bovinae
Genus: Bubalus
Spesies: Bubalus quarlesi dan Bubalus depressicornis

Sekilas Fakta tentang Anoa

Meski sering disebut sapi Sulawesi, Anoa memiliki sifat yang berbeda. Sapi lebih suka hidup berkelompok, sedangkan anoa hidup semi soliter, yaitu hidup sendiri alias berpasangan dan hanya bakal berjumpa dengan kawanannya apabila si betina melahirkan. Mereka aktif saat pagi dan sore hari, saat udara dingin. Sebab anoa mempunyai kebiasaan mendinginkan tubuh, mereka terkadang dapat ditemui sedang berendam di lumpur.

Anoa tergolong fauna herbivora. Di alam bebas, anoa hanya memakan makanan yang berair (aquatic feed), semacam pakis, tunas pohon, rumput, buah-buahan yang jatuh, dan makanan tipe umbi-umbian.
Nama Latin Alang-Alang, Klasifikasi, dan Manfaatnya
Nama Latin Akasia, Klasifikasi, dan Manfaatnya
Nama Latin Adenium, Klasifikasi, dan Morfologinya
Setiap tahunnya, indukan anoa rata-rata cuma melahirkan satu bayi anoa saja, padahal mereka hanya dapat hidup maksimal hingga 30 tahun. Anoa mulai dapat bereproduksi pada umur 2 - 3 tahun. Periode kehamilannya terjadi selama 276 - 315 hari. Saat dilahirkan, bayi anoa mempunyai bulu berwarna cokelat keemasan alias kekuningan dan sangat tebal.Warnanya perlahan bakal berubah menjadi lebih hitam seiring pertumbuhannya.

Demikianlah sekilas pemaparan tentang nama latin Anoa, klasifikasi, serta informasi singkat dari hewan khas Sulawesi ini. Mari kita jaga anoa yang kini tersisa, agar anak cucu kita nanti masih tetap bisa melihat hewan bernama latin Bubalus quarlesi ini.

0 Response to "Nama Latin Anoa, Klasifikasi, dan Fakta Uniknya"