Latest News

Nama Latin Tanaman Kelapa, Klasifikasi, dan Fakta Uniknya

Nama latin kelapa adalah Cocos nucifera L. Tanaman kelapa dikenal sebagai salah satu komoditas perkebunan yang memiliki banyak manfaat. Dari mulai ujung daun hingga ujung akarnya, semua bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara ini banyak dikembangkan, karena secara ekonomis mampu memberikan keuntungan yang tinggi. Di Indonesia sendiri, tanaman bernama latin Cocos nucifera ini ditanam secara monokultur atau hanya digunakan sebagai penaung tanaman budidaya lainnya seperti kakao, lada, atau kopi. Beberapa jenis kelapa yang memiliki ciri fisik yang unik bahkan saat ini dijadikan sebagai tanaman hias. Nah berikut ini, kita akan membahas seputar nama latin kelapa, klasifikasi, serta fakta unik di balik tanaman yang satu ini. Mari disimak!
Nama latin kelapa adalah Cocos nucifera L.

Klasifikasi Tanaman Kelapa

Nama Latin Tanaman Kelapa
Tanaman kelapa tergolong ke dalam family Aracaceae dan secara lengkap diklasifikasikan sebagai berikut:
Kingdom: Plantae
Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Monocotiledonae
Ordo : Arecales
Family : Arecaceae
Genus : Cocos
Nama Latin atau Spesies : Cocos nucifera L.

Fakta Unik Seputar Kelapa

Ya, dibalik banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari tanaman bernama latin Cocos nucifera ini, ternyata ada beberapa fakta unik yang banyak orang tak mengetahuinya. Nah, berikut  ini adalah fakta unik kelapa yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber:
  1. Buah kelapa adalah lambang pramuka. Ya, di pramuka, pohon kelapa dibahas secara keseluruhan mulai dari ujung daun hingga ujung akar. Semua manfaat tanaman kelapa dikaitkan dengan seorang pramuka yang juga harus memiliki kebermanfaatan bagi orang di sekitarnya.
  2. Pohon kelapa adalah pohon yang dapat tumbuh tinggi dengan sangat cepat. Ia dapat mencapai tinggi sampai 35-40 meter hanya pada umur 20 tahun setelah ditanam.
  3. Buah kelapa sebenarnya merupakan biji dari pohon kelapa dan bisa disamakan dengan kacang-kacangan. Buah kelapa ini ternyata merupakan biji terbesar di dunia.
  4. Buah kelapa jatuh, dapat membunuh 150 orang setiap tahunnya atau 10 kali lebih banyak dibanding orang yg terbunuh oleh ikan hiu.
  5. Daging buah kelapa sangat kaya protein, airnya pun yang sangat bermanfaat sebagai pengganti ion tubuh, pembantu pemulihan pasca sakit, dan dapat melindungi seseorang dari penyakit jantungan.

Nah itulah beberapa fakta unik kelapa, klasifikasi, serta nama latin dari tanaman yang satu ini. Semoga dapat bermanfaat. Salam.

0 Response to "Nama Latin Tanaman Kelapa, Klasifikasi, dan Fakta Uniknya"