Latest News

Nama Latin Bunga Tulip, Klasifikasi, dan Fakta Uniknya

Nama latin bunga tulip adalah Tulipa sp. Bunga tulip merupakan salah satu dari 10 bunga terindah yang ada di dunia ini. Bunga yang berasal dari daratan Asia Tengah ini telah mengalami sejarah cukup panjang dalam perkembangannya hingga menjadi bunga primadona. Bunga tulip menjad perlambang cinta dan kasih sayang. Dua orang muda mudi di Negara-negara Eropa seringkali saling memberikan sekuntum bunga ini sebagai perlambang kecintaan dan ketulusan. Keindahannya membuat semua orang terutama kaum hawa memang sangat menarik hati, namun apakah sebetulnya bunga tulip dapat tumbuh di Indonesia? Apa nama latin bunga tulip, seperti apa klasifikasinya dalam kerajaan tumbuhan? Dan fakta unik apa yang dimiliki bunga sub tropis ini? Berikut, kami telah menulis ulasannya untuk Anda.
Nama latin bunga tulip adalah Tulipa sp.

Klasifikasi Bunga Tulip

Nama Latin Bunga Tulip
Berdasarkan sistem pengkelasan mahluk hidup, klasifikasi bunga yang bernama latin Tulipa sp ini adalah sebagai berikut:
Kerajaan:  Plantae
Ordo: Liliales
Famili:  Liliaceae
Upafamili: Lilioideae
Genus: Tulipa
Nama Latin: Tulipa sp.

Fakta Unik seputar Bunga Tulip

Di balik keindahan bentuk dan warnanya, bunga tulip rupanya menyimpan banyak fakta unik yang tak banyak diketahui orang secara umum. Apa saja fakta seputar bunga tulip? Ini jawabannya!
  1. Bunga tulip merupakan tanaman tahunan yang memiliki umbi yang
  2. Di Belanda tanaman yang bisa mencapai tinggi kurang lebih 70 cm ini berbunga saat musim dingin yakni kurang lebih Maret serta April.
  3. Jika bunga sepatu menjadi lambang bunga nasional Malaysia, bunga tulip menjadi lambang bunga nasional Iran serta Turki.
  4. Bunga bernama latin Tulipa sp. ini hanya bisa tumbuh serta berbunga di daerah subtropis yang suhu hariannya kurang dari  16 derajat Celcius.
  5. Bunga tulip sangat mudah dikawinsilangkan untuk mendapatkan variasi warna yang indah. Bunga hasil persilangan bisa berwarna tunggal (merah, kuning, oranye, hijau, ungu, serta biru) alias berwarna majemuk dengan adanya beberapa macam gradasi serta kombinasi warna.
  6. Bunga yang berjuluk "Tulipomania" ini juga menjadi lambang alias simbol cinta serta keindahan dunia.
  7. Dari beberapa percobaan, bunga ini bisa ditanam di Indonesia asalkan kami bisa memodifikasi iklim mikro di lingkungan tempat tumbuhnya seperti yang sudah dilakukan di Singapura. 
  8. Kendati sangat identik dengan negeri Belanda, nyatanya bunga tulip bukanlah bunga orisinil Belanda. Bunga ini sebenarnya berasal dari Asia Tengah. Bunga tulip dahulunya dalah bunga yang tumbuh dengan cara liar di kawasan Pegunungan Pamir, stepa di Kazakhstan, serta Pegunungan Hindu Kush. Dikarenakan keindahan serta kecantikannya, bunga tulip kemudian berhasil memikat masyarakat Kerajaan Ottoman Turki, maka pada tahun 1080 mereka mulai membudidayakannya.
Nah, itulah pembahasan mengenai nama latin bunga tulip, klasifikasi, serta fakta uniknya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.

0 Response to "Nama Latin Bunga Tulip, Klasifikasi, dan Fakta Uniknya"